KEKUATAN KOLABORASI MENCIPTAKAN SINERGI UNTUK INDONESIA BERDAYA
Berita
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orang, komunitas, organisasi atau perusahaan
untuk mencapai keuntungan yang diinginkan, salah satunya dengan bekerja sama atau
berkolaborasi dengan pihak lain. Seperti apa kolaborasi itu dan bagaimana
kolaborasi dapat dijalankan dengan baik agar terciptanya sinergi untuk indonesia berdaya?
Definisi kolaborasi menurut Edward M marshal, PhD dalam bukunya
Transforming The Way We Work: The Power of the Collaborative Work Place, ia
mengatakan bahwa:
Kolaborasi adalah proses yang mendasar dari bentuk kerjasama
yang melahirkan kepercayaan, integritas dan terobosan melalui pencapaian
konsensus, kepemilikan dan keterpaduan pada semua aspek organisasi.
Dengan mempertimbangkan komponen-komponen yang harus diperhatikan dalam
kolaborasi:
1. Collaborative Culture
2. Collaborative Leadership
3. Strategic Vision
4. Collaborative Team Process
5. Collaborative Structure
Dengan demikian kolaborasi sebenarnya merupakan pintu masuk utama menciptakan sinergi, karena setelah kolaborasi hadir dalam bentuk kepercayaan, integritas & keterpaduan untuk memperbesar gerakan maka perlu bersinergi.
Sinergi adalah apa yang terjadi ketika satu ditambah satu menjadi sepuluh atau seratus bahkan tak terhingga
Kolaborasi dan sinergi adalah sebuah proses yang harus dilalui masing-masing pihak, yang mana perlu waktu dan konsistensi. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk membangun Rasa Saling Percaya sehingga kolaborasi dan terciptanya Sinergi terbangun sebagai Kerjasama Kreatif.
Mewujudkan Sinergi adalah Keberhasilan Bersama yang terbina dari Kebiasaan. Mewujudkan Sinergi bukan berarti ber-Kompromi di tengah, melainkan mencari alternatif ketiga dan mencapai puncak. Sinergi adalah persamaan tujuan dan perbedaan tanggungjawab. Sinergi akan membangun Kerjasama-kerjasama Kreatif dengan cara menghormati perbedaan, membangun kekuatan dan saling menutup kelemahan.
Bagimana kita mampu membudayakan sikap kolaborasi menciptakan sinergi untuk indonesia berdaya?
fahril alvin b
Founder @artpreneurrek
- Pameran Tunggal Khusnul Bahri: Alumni UNESA Surabaya yang Tetap Produktif di Usia Hampir 70 TahunSurabaya, 10 Mei 2025 — Seniman senior dan alumnus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Khusnul Bahri, kembali menunjukkan konsistensi dan vitalitasnya dalam berkarya melalui pameran tunggal bertajuk “Contemporary Ethnic”, yang digelar
- Lebih Dekat dengan Masyarakat, FKP Unesa Ikuti Pasar Rame Ramadhan 2025Fakultas Ketahanan Pangan (FKP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) gencar melakukan promosi lewat berbagai media dan event. Saat ini FKP Unesa sedang mengikuti Pasar Rame Ramadhan 2025 yang digelar oleh Islamic
Continue ReadingLebih Dekat dengan Masyarakat, FKP Unesa Ikuti Pasar Rame Ramadhan 2025
- LPNU Surabaya Mengadakan Pasar RAME 2025 Untuk Menggerakan Perekonomian Rakyat dan Meramaikan Masjid Islamic CentreSurabaya, 18 Februari 2025 – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1446 H dan menggerakkan perekonomian masyarakat melalui UMKM, Islamic Centre Jawa Timur bersama Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota
- Catatan Kreatif 5
- Catatan Kreatif 4